Indonesia, Banten, 12 Januari 2014

 

Media cetak, hingga saat ini belum tergusur oleh banyaknya situs berita online. Media cetak yang berupa koran harian, majalah mingguan, tabloid mingguan dan majalah bulanan, masih memiliki banyak penggemar yang tersebar di berbagai belahan Indonesia, terutama masyarakat yang masih diluar jangkauan internet atau memiliki anggapan membaca media cetak lebih mudah dan praktis. Tidak salah dengan anggapan tersebut, sebab pembaca media cetak tidak perlu takut listrik padam di siang hari, internet putus koneksi atau energi baterai habis, hanya perlu menemukan ruang yang di rasa nyaman dan langsung menikmati informasi.

 

Media Cetak

Dengan harga yang relatif lebih murah di bandingkan pasang iklan di media elektronik seperti televisi, pasang iklan di media cetak bisa di jadikan jalur promosi produk dan jasa anda. Pilihan media cetak pun sudah beragam, dari yang khusus menampilkan info ponsel dan gadget, mobil dan motor, elektronik dan sound system, kuliner, fashion, teknologi informasi, pendidikan, hobi dan usaha, bahan bangunan dan property hingga berita umum. Tinggal tentukan sesuai target pasar dari produk atau usaha anda. Merasa kurang "anggaran" untuk pasang iklan di media cetak nasional ? Bisa alihkan pasang di media cetak daerah, koran terbitan kota/propinsi atau media online seperti sitokcer.com.

Posisi iklan yang di sediakan media cetak biasanya di halaman depan atau sampul depan, di halaman akhir atau sampul belakang dan di halaman dalam. Porsi iklan juga beragam dan berbeda tarif untuk masing-masing media cetak yang ditentukan oleh letak, warna, dan jumlah iklan. Ada media yang menyediakan ruang iklan 1 halaman penuh, 1/2 halaman, sebagian halaman di sisi atas atau sisi bawah, hingga potongan terkecil yang berupa iklan baris.

Penempatan iklan sangat berpengaruh terhadap efektifitas suatu iklan. Penulis menyarankan untuk menempatkan Iklan di halaman depan, karena akan terlihat oleh setiap orang yang sedang memilih, mencari dan membaca media cetak. Namun biasanya lebih mahal dan tidak setiap saat tersedia, karena bersaing dengan pemasang iklan lainnya. Jika pilihan di halaman depan tidak tersedia, pilihan selanjutnya adalah di halaman dalam. Nah coba dapatkan posisi di sisi kanan atas atau 1 halaman penuh di sisi kanan. Posisi kanan atas biasanya lebih mudah dilihat. Jika "anggaran" sangat berpengaruh bagi anda, cobalah iklan yang mungkin paling murah di media cetak yaitu iklan baris.

Penggunaan warna dalam iklan di media cetak akan lebih menarik dan menangkap pandangan mata dibandingkan iklan yang hanya menampilkan hitam/putih saja. Susunan gambar dan teks juga menentukan kemampuan iklan menarik minat pembacanya. Gunakan kata-kata yang kreatif, unik dan memancing "penasaran" agar iklan lebih mudah di ingat oleh pembaca media cetak.

Untuk rekan-rekan pemilik usaha yang belum menggunakan media cetak sebagai cara promosi, silahkan di coba dan semoga memperbanyak jumlah pelanggan dan meningkatkan profit usaha anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Salam sukses dan sehat selalu.

0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh