Indonesia, Banten, 14 Januari 2014

Brand Ambassador atau "duta merek" adalah satu atau beberapa orang tokoh yang mempromosikan merek produk, dengan tujuan untuk  meningkatkan penyebarluasan merek kepada pelanggan baru dan memperat merek dengan pelanggan lama. Brand Ambassador bisa di ambil dari dalam perusahaan atau dari pihak lain di luar perusahaan. Semakin terkenal seorang Brand Ambassador akan semakin besar pengaruhnya kepada masyarakat. Terkenal dalam hal positif, memiliki citra baik di masyarakat atau memiliki nilai lebih dalam suatu kegiatan atau suatu organisasi kemasyarakatan.

 

Iwan Fals sebagai Brand Ambassador dari TOP Coffee, sebuah kopi produksi perusahaan dalam negeri. Iklannya sangat gencar di media televisi. Iwan Fals, seorang penyanyi dan pemain gitar yang handal, terkenal dengan lagu-lagunya seperti: "Bento", "Bongkar", "Antara aku, kau dan bekas pacarmu", "Aku bukan pilihan", "Buku ini aku pinjam", "kumenanti seorang kekasih" dan masih banyak lainnya. Lagu "Buku ini aku pinjam" terdengar di masa sekolah dasar dahulu di tahun 1988 dan penulis masih hafal setiap baitnya hingga hari ini. Mungkin hari ini setiap kali wajah Iwan Fals tampil di layar televisi, atau setiap kali suaranya terdengar di radio, ada citra tambahan yang tampil di pikiran pemirsanya yaitu merek kopi tersebut.

Komeng, seorang pelawak. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, pembalap MotoGP yang mengendarai motor Yamaha. Mereka seringkali tampil bersama dalam iklan sepeda motor Yamaha di televisi. Tidak ada kesamaan profesi antara Komeng dan Jorge Lorenzo, tapi perpaduan mereka dalam membawakan merk motor Yamaha sangat diterima oleh umum.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Selamat mencari dan menentukan Brand Ambassador untuk produk dan usahanya masing-masing. Semoga berhasil dalam promosi.

 

0
0
0
s2sdefault