Indonesia, Jakarta, 4 Oktober 2013

Masih melanjutkan tentang cara meningkatkan penjualan tanpa menambah biaya, dan masih berdasarkan pengamatan penulis di salah satu restoran cepat saji yang pernah dikunjungi.

Sebuah restoran atau rumah makan biasanya hanya menyediakan makanan dan minuman, tapi restoran cepat saji itu juga menawarkan produk bukan makanan seperti CD/DVD berisi lagu-lagu. Penawaran yang di lakukan oleh kasir di restoran tersebut sangat sering bersambut positif dengan "laku terjual" CD/DVD pada para pengunjung restoran tersebut. Tidak ada hubungan secara khusus antara makanan dengan CD/DVD, tapi proses "Jual Beli" terus berlanjut, kalau boleh bilang inilah salah satu proses perluasan produk yang "sukses".

 

Hal serupa juga bisa ditemukan di mini market di sekitar kita. Suatu pagi penulis membeli air mineral 3 galon sekaligus, saat membayar, kasir mini market tersebut menawarkan produk/jasa lainnya, yaitu "isi pulsa elektrik" dan "isi pulsa listrik/token isi ulang". Keuntungan yang didapat dari transaksi isi pulsa elektri atau isi pulsa listrik mungkin kecil bagi banyak orang, tapi karena sering terjadi atau berulangkali pada setiap pelanggan yang membayar di kasir, keuntungan yang di dapat juga terus berlipat ganda. Sekali lagi, tanpa menambah biaya dan tanpa menambah tenaga kerja bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan dengan cara perluas produk dan jasa.

Untuk rekan-rekan yang memiliki usaha warnet, coba perluas jasa dengan menyediakan jasa cetak foto, cetak dokumen, pelatihan bloging, jual voucher game online, jual makanan kecil dan minuman dingin. Jika hanya mengandalkan keuntungan dari sewa komputer warnet atau game online akan sangat sulit untuk membayar gaji operator, biaya listrik dan perawatan komputer, semakin sulit dengan bertambahnya jumlah warnet/game online di lokasi yang sama. Ini hanya saran, semoga membantu usaha rekan-rekan sekalian.

Untuk rekan-rekan pemilik usaha toko bahan bangunan, coba perluas jasa dengan menawarkan renovasi rumah atau membangun rumah. Manfaatkan hubungan dengan penyedia bahan bangunan dengan harga yang masih bisa di nego dan hubungan dengan pelanggan langsung yang membutuhkan renovasi rumah/bangun rumah. Hanya dengan menawarkan jasa jasa renovasi rumah, jika tawaran anda diterima anda bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan, kalikan dengan jumlah pelanggan yang menerima tawaran anda. Jika tawaran tidak diterima, anda tidak rugi apapun.

Anda punya ide, saran dan usulan untuk usaha-usaha lainnya ?

Silahkan kirimkan melalui Facebook Fanspage kami. Terimakasih sudah mengunjungi HanyaIndonesia.com.

Semoga artikel singkat ini dapat membantu usaha rekan-rekan untuk lebih berkembang.

Artikel sebelumnya: