HanyaIndonesia.com, Indonesia, Banten, 12 Oktober 2013

  • Bingung menentukan "rasa" unggulan dari produk makanan anda ?
  • Bingung menentukan "CC atau kapasitas silinder" unggulan dari produk mobil anda ?
  • Bingung menentukan "harga ideal" produk yang akan anda keluarkan ?
  • Bingung menentukan "lokasi peluncuran perdana" produk anda ?

Jika merasa tidak yakin dengan data yang sudah dimiliki oleh perusahaan, seperti riwayat penjualan dan feedback form dari pelanggan, tidak ada salahnya untuk melakukan survei. Survei di lakukan untuk mendapatkan data sebenarnya, data terkini/terbaru secara langsung sesuai dengan kenyataan yang ada di masyarakat, dan hasil dari survei bermanfaat untuk mendukung rencana dan keputusan yang akan dilakukan. Lakukan pengumpulan data dari banyak orang dengan cara wawancara dan/atau sebarkan feedback form yang berisi daftar pertanyaan dan usulan tentang produk/jasa milik anda. Dengan cara demikian, anda bisa mendapatkan informasi tentang produk/jasa yang diinginkan/dibutuhkan oleh masyarakat. Survei bisa dilakukan oleh tenaga/departemen internal perusahaan, tapi jika kurang tenaga kerja untuk mengelola survei, bisa menggunakan jasa dari perusahaan lain yang khusus menawarkan jasa survei.

profit 

Beberapa cara survei yang bisa digunakan yaitu:

  1. Bertemu dan berbicara langsung dengan masyarakat. Sebelum melakukan cara ini, tentukan dahulu lokasi yang akan dikunjungi dan hubungi tokoh masyarakat setempat seperti RT/RW.
  2. Bertanya melalui telepon kepada umum berdasarkan nomor acak atau nomor yang telah dikumpulkan terlebih dahulu. Sebelum melakukan cara ini, penting untuk menyiapkan kata perkenalan, daftar pertanyaan yang akan di ajukan dan informasi tentang orang yang di wawancara melalui telepon.
  3. Media Online. Survei dengan media online bisa dilakukan menggunakan web perusahaan sendiri, facebook fanspage milik perusahaan dan email. Sediakan layar yang berisi daftar pertanyaan untuk di isi, seperti feedback form yang dicetak, atau sediakan layar yang berisi "Polling". Polling yang di sediakan bisa berisi daftar pilihan atau hanya pilihan "Ya" dan "Tidak". Agar lebih menarik minat para masyarakat atau pengguna internet, sangat di sarankan untuk menambahkan program hadiah untuk mereka yang ikut partisipasi. Penting untuk di ketahui bahwa cara ini hanya mengena pada masyarakat yang sudah mengenal, mengerti dan memiliki akses internet.

Alternatif lainnya adalah dengan cara mendapatkan data dari sekelompok orang dalam kegiatan atau lokasi tertentu seperti:

  1. Pameran atau seminar
  2. Kegiatan olaharaga yang bersifat resmi atau tidak resmi. Acara olahraga resmi yang di adakan instansi pemerintah atau swasta seperti gerak jalan santai, bersepeda santai, lari 10 k dan lainnya. Data juga bisa dikumpulkan dari kegiatan olahraga yang bukan terjadwal atau tidak ditentukan oleh instansi pemerintah dan swasta. Kumpulkan data dari orang-orang yang sedang berolahraga di tempat umum, penulis pernah menemui orang yang melakukan survei di depan istora senayan Jakarta.
  3. Tempat Wisata, tempat hiburan umum dan pusat perbelanjaan. Ingat, untuk mendapatkan respon yang baik, awali dengan kata pembukaan dan mimik muka yang baik. Penampilan dan perkataan yang sopan akan sangat membantu, walaupun tanpa menggunakan hadiah hiburan.
  4. Konsumen yang pernah/masih menggunakan produk/jasa milik anda
  5. Calon konsumen yang mengunjungi tempat usaha anda

Sebelum melakukan survei, siapkan daftar pertanyaan dan daftar pilihan untuk digunakan dalam survei, siapkan juga tempat untuk menyimpan informasi data diri orang-orang yang ikut partisipasi dalam survei. Dari pertanyaan yang diajukan kita akan mendapatkan banyak hal seperti:

  1. Saran dan masukan atau pilihan dari masyarakat tentang produk anda. Tanyakan tentang "rasa unggulan" dari produk makanan anda, jika usaha anda adalah bergerak di bidang kuliner. Tanyakan tentang "Kapasitas silinder" unggulan dari produk mobil, jika usaha anda adalah dealer/penjual/produsen mobil motor. Tanyakan saran "Harga ideal" produk yang akan anda keluarkan, minta saran lokasi peluncuran perdana produk, dan masih banyak lainnya.
  2. Alasan masyarakat menggunakan produk/jasa yang di tawarkan. Anda bisa menemukan faktor internal produk yang disukai, atau alasan lain diluar produk anda yang membuat konsumen terpikat pada produk anda. Selanjutnya anda bisa menjadikannya sebagai trend positif atau nilai lebih dari produk anda untuk disebarkan lebih luas lagi.
  3. Alasan masyarakat tidak menggunakan/menolak produk/jasa yang ditawarkan. Anda bisa mengetahui kekurangan dari produk anda dan faktor diluar produk anda yang membuat calon konsumen tidak tertarik pada produk anda. Selanjutnya anda bisa melakukan perbaikan dan pengembangan produk atau menghentikan produk tersebut.

Selain hasil survei berupa data dan angka, anda juga mendapatkan saran dari konsumen seperti bentuk produk, bentuk kemasan, manfaat produk yang diharapkan, rentang harga produk, cara memasarkan dan cara promosi selanjutnya. Yang juga penting adalah anda akan mengetahui posisi produk/jasa anda dibandingkan produk/jasa serupa yang ada di masyarakat.

Simpan data peserta survei seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan atau profesi, pendapatan, pendidikan, hobi, artis idola dan tokoh idola. Selanjutnya data bisa digunakan untuk menentukan sasaran konsumen yang tepat. Data peserta survei bisa digunakan untuk pengelompokan pasar berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lainnya. Data peserta juga bisa digunakan untuk menentukan "Brand Ambassador" yang tepat, dan slogan/jargon/kata-kata yang populer/ mengena untuk digunakan dalam promosi produk.

Selamat melakukan survei dan jangan lupa untuk promosi produk di Media Online HanyaIndonesia.com

0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh